PUSAT PENDIDIKAN ZENI                       

DEPARTEMEN PENG MILUM

                                                           

                                                                                                       PERSIAPAN MENGAJAR

Pendidikan                                 :      Selapazi TA. 2010

Mata Pelajaran                           :      Metode Pengajaran

Jumlah JP seluruhnya                :      5 JP ( T=  4 JP , Ujian =  1 JP)

Jumlah JP untuk mencapai TIU  :  4 JP  (1 – 4  /  4 JP )

 Waktu                                         :  4  x  45  Menit

Tujuan Kurikuler                          :  Agar  Pa Siswa  mengerti tentang  Metode Pengajaran         

Metode                                       :  Ceramah , Tanya Jawab dan  Pemberian Tugas.

Alins /  Alongins                      :  Transparan , Papan Tulis, Spidol , OHP      

           

WAKTU

POKOK-POKOK MATERI PEL

DAN RENCANA PAPAN TULIS

URAIAN  /  KETERANGAN

1

2

3

 

15’

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  ( 150 ‘)

75’

 

 

I. PENDAHULUAN

   1. Perkenalan

 

   2. Pengantar/ Apresepsi

 

   3. Judul  :  “Metode Pengajaran “

 

   4.  TIU  :

     “Agar Pa siswa mengerti ttg macam-

    macam Metoda Pengajaran   

    & penggunaan Metode pengajaran ”   

 

  5. Ruang lingkup pokok materi :

      a.  Pendahuluan

      b.  Macam Metode Penyajian

      Pelajaran.

      d.  Penggunaan Metode Pengajaran

      e.  Penutup

 

  6.  Referensi

 

 

II. INTI

 A. Langkah Pertama.

     1. Pokok Bahasan

         ” Macam Metode Pengajaran ”

           

    2.  Sub Pokok Bahasan.

          a.   Met. Peny. Pel.. Teori

          b.   Met.  Peny. Pel.  Praktek

    3.. TIK    

  a.  Agar Pasis dapat menjelaskan   tidak  mendalam ttg  metode pengajaran  pel. Teori.

         b.Agar Pasis dpt menjelaskan

         tidak mendalam ttg metode

         pengajaran  pelajaran praktek               

.

 

 

 

- Gadik memperkenalkan  biodata lengkap

 

-  Cerita singkat mengarah kejudul pelajaran

 

-  Tulis di papan tulis dgn warna mencolok

 

 

- Sampaikan sekilas.

 

 

 

 

- Tayangkan slide & berikan batasan materi

 

 

 

 

 

-  Bujuknik ttg Metode Pengajaran,  No. PT: KDL-2.7

 

 

 

 - Tulis dipapan tulis.

 

 

-   Sampaikan sekilas.

 

 

 

- Sampaikan sekilas

 

 

                               

 

 

 

 

 

 

 

2

 

1

2

3

 

        3.  Uraian.

            

                                     Slide 1

            

 

 

 

                                                        Slide 2

 

 

 

 

Slide 3

  

 

 

 

- Penjelasan.

 

- Macam-macam  Metode Pengajaran.

 

 1. Met.Tanya Jawab : adlh Met Peny. Pel yg  m’libatkan interaksi Serdik – Gadik  dgn bertanya jawab.

 

a. Keuntungannya.

    1) Dpt memusatkan perhatian

    2) Mengembangkan daya pikir

 

b. Kerugian :

    1) Serdik sering merasa takut.

    2) Waktu banyak terbuang

3) Gadik masih mendominasi serdik

 

 

 

  2. Met. Pel. Ceramah :     Adalah met yg kurang melibatkan serdik utk aktif dlm proses bel. mengajar

     

       a. Manfaatnya.

           1) Mengaktifkan serdik

 2) Memudahkan mengingat bgi   serdik.

           3) Mengaktifkan motivasi serdik.

 

 

b.   Pertimbangan penggunaan :

1)        Jumlah serdik tdk banyak

2)        Pelajaran & waktu cukup

3)        Jmlh gadik, alins, fasdik sesuai

 

     c.Teknik penggunaan.

            1) Thp perencanaan.

                 a) M’rumuskan tujuan.

                 b) Siapkan referesi/hanjar.

                 c) Perdalam materi

                 d) M’buat siapjar.

            2)  Thp Persiapan.

                 a) Pemeriksaan tempat.

                 b) Mencoba alins/alongin.

            3)  Thp. Pelaksanaan

                 a) Pendahuluan

                     (1) Perkenalan

                     (2) Apersepsi

                     (3) Judul.

                     (4) Tujuan

                     (5) Ruling

                     (6) Referensi

 

 

 

 

 

 

3

 

1

2

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Slide 4

 

 

Slide 5

 

 

      4. Kesempatan bertanya

 

 

      5. Pemeriksaan

 

 

 

            b) Inti                  

(1)  Bagi langkah demi langkah

(2)  Susun tiap langkah    bersama    serdik

                (3)  Selesai tiap langkah.

                (4)  Kesempatan bertanya

                (5)  Pemeriksaan

 

           c)  Penutup

                (1) Kesempatan bertanya

                (2) Pemeriksaan

                (3) Rangkuman.

                (4) Penekanan

  

    

3. Metode Diskusi : Adlh cara penyajian pel dimana siswa dihadapkan kpd suatu masalah yg dpt berupa pernyataan yg bersifat problematis utk di bahas & dipecahkan bersama.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Metode Drill: Adlh     cara mengajar praktek dgn menyuruh serdik   utk mengerjakan / b’buat sesuatu shg dpt   dicapai suatu tingkat keterampilan.

 

 

 

 

 

- Memberikan kesempatan bertanya kpd Pasis ttg macam-macam MPP

 

 

- Lemparkan pertanyaan pemeriksaan.

a. Jelaskan apa yg dimaksud dgn   Met   ceramah

b. Jelaskan apa yg dimaksud dgn Met Pel.Tanya Jawab

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

    1

                              2

                                       3

    75’

B.    Langkah  Kedua.

       1. Pokok Bahasan.

        ” Penggunaan Met Jar”

 

       2. TIK    

            “ Agar Pasis dapat  menjelaskan tidak

        mendalam ttg Penggunaan Met Jar ”   

 

 

- Tulis di papan tulis.

 

 

- Sampaikan sekilas.   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

        3.  Uraian.

                                             Slide 6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

       4. Kesempatan bertanya

 

 

       5. Pemeriksaan

 

 

 

-Penjelasan

  - Penggunaan Met Jar sbb :

    a. Dikma.

        1) Dikma Tamtama

        2) Dikma Bintara

        3) Dikma Perwira

    b. Diktuk.

        1) Diktuk Bintara

        3) Diktuk Perwira

    c. Dikbangum.

        1) Dik Selapa.

        2) Dik Seskoad.

    d. Dikalih.

        1) Dikalih Bintara

        3) Dikalih Perwira

    e. Dikbang spes.

        1) Dikbang spes Tamtama

        2) Dikbang spes Bintara

        3) Dikbang spes Perwira

    f. Dik ilpeng tek :.

        1) Dik ilpeng tek Bintara

        2) Dik ilpeng tek Perwira

 

- Berikan kesempatan bertanya kpd Pasis ttg

   Penggunaan MPP

 

- Lemparkan pertanyaan pemeriksaan..

   a Jelaskan Penggunaan Met   utk jenis  Dikma  Perwira

b. Jelaskan Penggunaan Met  utk jenis Diktuk  Perwira

15’

III. PENUTUP    

      1. Kesempatan bertanya

 

      2. Pemeriksaan

 

 

     3. Rangkuman /Ringkasan

 

 

     4. Penekanan

 

- Berikan kesempatan b’tanya kpd Pasis

- Lemparkan pertanyaan pemeriksaan :

   a. Jelaskan ttg macam-2  Met Pengajaran !

   b. Jelaskan ttg faktor-2 yg mempengaruhi !

   c. Jelaskan ttg penggunaan Met utk Selapa !.

- Menyampaikan rangkuman pel. meliputi :

   a. Macam-macam Met Pengajaran.

   b. Faktor-faktor  yg mempengaruhi.

   c. Penggunaan Met pengajaran.

 - Menekankan hal-hal yg penting ttg macam-2     met pengajaran &penggunaan Met utk Selapa..

 

                                                       

                                                                             Bogor ,         Agustus  2010

                           Mengetahui 

                   Kadep Pengmilum                                                                           Gadik

                           

 

 

               

                            Letkol  Czi  NRP                                                              Mayor Czi  NRP