PERSIAPAN MENGAJAR
Mata Pelajaran : Metode Pengajaran
Jumlah JP seluruhnya : 5 JP ( T= 4 JP , Ujian = 1 JP)
Jumlah JP untuk mencapai TIU : 4 JP (1 – 4 / 4 JP )
Waktu : 4 x 45 Menit
Tujuan Kurikuler : Agar Pa Siswa mengerti tentang Metode Pengajaran
Alins / Alongins : Transparan , Papan Tulis, Spidol , OHP
WAKTU |
POKOK-POKOK MATERI PEL DAN RENCANA PAPAN TULIS |
URAIAN / KETERANGAN |
1 |
2 |
3 |
15’
( 150 ‘) 75’
|
I. PENDAHULUAN 1. Perkenalan
2. Pengantar/ Apresepsi
3. Judul : “Metode Pengajaran “
4. TIU : “Agar Pa siswa mengerti ttg macam- macam Metoda Pengajaran & penggunaan Metode pengajaran ”
5. Ruang lingkup pokok materi : a. Pendahuluan b. Macam Metode Penyajian Pelajaran. d. Penggunaan Metode Pengajaran e. Penutup
6. Referensi
II. INTI A. Langkah Pertama. 1. Pokok Bahasan ” Macam Metode Pengajaran ”
2. Sub Pokok Bahasan. a. Met. Peny. Pel.. Teori b. Met. Peny. Pel. Praktek 3.. TIK a. Agar Pasis dapat menjelaskan tidak mendalam ttg metode pengajaran pel. Teori. b.Agar Pasis dpt menjelaskan tidak mendalam ttg metode pengajaran pelajaran praktek .
|
- Gadik memperkenalkan biodata lengkap
- Cerita singkat mengarah kejudul pelajaran
- Tulis di papan tulis dgn warna mencolok
- Sampaikan sekilas.
- Tayangkan slide & berikan batasan materi
- Bujuknik ttg Metode Pengajaran, No. PT: KDL-2.7
- Tulis dipapan tulis.
- Sampaikan sekilas.
- Sampaikan sekilas |
2
1 |
2 |
3 |
|
3. Uraian.
Slide 1
Slide 2
Slide 3
|
- Penjelasan.
- Macam-macam Metode Pengajaran.
1. Met.Tanya Jawab : adlh Met Peny. Pel yg m’libatkan interaksi Serdik – Gadik dgn bertanya jawab.
a. Keuntungannya. 1) Dpt memusatkan perhatian 2) Mengembangkan daya pikir
b. Kerugian : 1) Serdik sering merasa takut. 2) Waktu banyak terbuang 3) Gadik masih mendominasi serdik
2. Met. Pel. Ceramah : Adalah met yg kurang melibatkan serdik utk aktif dlm proses bel. mengajar
a. Manfaatnya. 1) Mengaktifkan serdik 2) Memudahkan mengingat bgi serdik. 3) Mengaktifkan motivasi serdik.
b. Pertimbangan penggunaan : 1) Jumlah serdik tdk banyak 2) Pelajaran & waktu cukup 3) Jmlh gadik, alins, fasdik sesuai
c.Teknik penggunaan. 1) Thp perencanaan. a) M’rumuskan tujuan. b) Siapkan referesi/hanjar. c) Perdalam materi d) M’buat siapjar. 2) Thp Persiapan. a) Pemeriksaan tempat. b) Mencoba alins/alongin. 3) Thp. Pelaksanaan a) Pendahuluan (1) Perkenalan (2) Apersepsi (3) Judul. (4) Tujuan (5) Ruling (6) Referensi
|
3
1 |
2 |
3 |
|
Slide 4
Slide 5
4. Kesempatan bertanya
5. Pemeriksaan
|
b) Inti (1) Bagi langkah demi langkah (2) Susun tiap langkah bersama serdik (3) Selesai tiap langkah. (4) Kesempatan bertanya (5) Pemeriksaan
c) Penutup (1) Kesempatan bertanya (2) Pemeriksaan (3) Rangkuman. (4) Penekanan
3. Metode Diskusi : Adlh cara penyajian pel dimana siswa dihadapkan kpd suatu masalah yg dpt berupa pernyataan yg bersifat problematis utk di bahas & dipecahkan bersama.
4. Metode Drill: Adlh cara mengajar praktek dgn menyuruh serdik utk mengerjakan / b’buat sesuatu shg dpt dicapai suatu tingkat keterampilan.
- Memberikan kesempatan bertanya kpd Pasis ttg macam-macam MPP
- Lemparkan pertanyaan pemeriksaan. a. Jelaskan apa yg dimaksud dgn Met ceramah b. Jelaskan apa yg dimaksud dgn Met Pel.Tanya Jawab
|
4
1 |
2 |
3 |
75’ |
B. Langkah Kedua. 1. Pokok Bahasan. ” Penggunaan Met Jar”
2. TIK “ Agar Pasis dapat menjelaskan tidak mendalam ttg Penggunaan Met Jar ” |
- Tulis di papan tulis.
- Sampaikan sekilas.
|
|
3. Uraian. Slide 6
4. Kesempatan bertanya
5. Pemeriksaan
|
-Penjelasan - Penggunaan Met Jar sbb : a. Dikma. 1) Dikma Tamtama 2) Dikma Bintara 3) Dikma Perwira b. Diktuk. 1) Diktuk Bintara 3) Diktuk Perwira c. Dikbangum. 1) Dik Selapa. 2) Dik Seskoad. d. Dikalih. 1) Dikalih Bintara 3) Dikalih Perwira e. Dikbang spes. 1) Dikbang spes Tamtama 2) Dikbang spes Bintara 3) Dikbang spes Perwira f. Dik ilpeng tek :. 1) Dik ilpeng tek Bintara 2) Dik ilpeng tek Perwira
- Berikan kesempatan bertanya kpd Pasis ttg Penggunaan MPP
- Lemparkan pertanyaan pemeriksaan.. a Jelaskan Penggunaan Met utk jenis Dikma Perwira b. Jelaskan Penggunaan Met utk jenis Diktuk Perwira |
15’ |
III. PENUTUP 1. Kesempatan bertanya
2. Pemeriksaan
3. Rangkuman /Ringkasan
4. Penekanan |
- Berikan kesempatan b’tanya kpd Pasis - Lemparkan pertanyaan pemeriksaan : a. Jelaskan ttg macam-2 Met Pengajaran ! b. Jelaskan ttg faktor-2 yg mempengaruhi ! c. Jelaskan ttg penggunaan Met utk Selapa !. - Menyampaikan rangkuman pel. meliputi : a. Macam-macam Met Pengajaran. b. Faktor-faktor yg mempengaruhi. c. Penggunaan Met pengajaran. - Menekankan hal-hal yg penting ttg macam-2 met pengajaran &penggunaan Met utk Selapa..
|
Bogor , Agustus 2010
Mengetahui
Kadep Pengmilum Gadik
Letkol Czi NRP Mayor Czi NRP